LAMAN FAISAL YUSRA

Dumai Pertamina

CHARITY 1416 BAWA SISWA SMP/MTS SUMUT “BELAJAR” DI PERTAMINA DUMAI

35 siswa dan guru pendamping dari berbagai SMP/MTs Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kota Binjai berkunjung  ke Kilang Pertamina Putri Tujuh Dumai (3 November 2023). Kegiatan ini merupakan program CHARITY 1416 yang bertajuk GOES TO DUMAI (INDUSTRY VISIT) 2023.

Faisal Yusra, Chairman CHARITY 1416, di hadapan Tim Manajemen Refinery Unit (RU) II Dumai – PT Kilang Pertamina Internasional menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Pertamina yang telah memfasilitasi kegiatan edukasi ini. “Apresiasi sebesar-besarnya kepada Manajemen Pertamina RU II Dumai dan Pertamina Marketing Operation Region I Medan yang telah mendukung program peduli sekolah sebagai salah satu misi CHARITY 1416,” ucap Faisal.

Didik Subagyo, General Manager RU II Dumai yang didampingi Hamson Limbong, Senior Manager Operation & Manufacturing dan Agustiawan, Area Manager Comrel & CSR menyambut baik kedatangan rombongan siswa dan guru pendamping dari Sumatera Utara. “Selamat datang di Kilang Minyak Putri Tujuh RU II Dumai. Semoga program industry visit ini dapat menambah wawasan siswa terkait dengan industri pengolahan migas,” kata Didik Subagyo dalam sambutannya. “Dengan mengetahui betapa rumitnya proses teknis cara menghasilkan bahan bakar minyak, diharapkan siswa sejak dini dapat memahami betapa pentingnya budaya hemat energi,” tambahnya.

Industry visit dimulai dengan penjelasan tentang sejarah perminyakan Indonesia, eksistensi Kilang Pertamina RU II Dumai, aspek safety dan teknis proses pemurnian minyak di Demo Room RU II Dumai.  M. Reza Nugraha, Manager HSSE Pertamina RU II Dumai dengan sangat menarik menjelaskan hal-hal yang menjadi perhatian siswa terkait dengan Pertamina.

Berbagai pertanyaan seputar bahan bakar minyak dan peralatan canggih yang digunakan di kilang minyak dilontarkan peserta rombongan pada sesi kunjungan lapangan. Hampir 3 jam waktu kunjungan dilalui tanpa terasa.

Seperti diketahui, Pertamina RU II Dumai memiliki visi “Menjadi kilang minyak dan petrokimia berbasis green dan eco-friendly refinery yang kompetitif berkelas dunia di tahun 2028.”

Sementara itu, misinya adalah “Melakukan usaha di bidang pengolahan minyak dan petrokimia dikelola secara profesional berwawasan lingkungan berdasarkan tata nilai perusahaan untuk memberikan nilai tambah.”

Adapun produk Pertamina RU II yang dapat dinikmati keberadaannya bagi masyarakat, antara lain  Aviation Turbine Fuel, Minyak Bakar, Minyak Diesel, Minyak Solar, Minyak Tanah, Solvent, Green Coke dan Liquid Petroleum Gas (LPG).

Sadariah Purba, Ketua Harian CHARITY 1416 menyampaikan bahwa organisasi akan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain Program Peduli Sosial Kemasyarakatan, CHARITY 1416 akan menyusun program Peduli Sekolah untuk mendukung visi SEKOLAH JUARA. “Industry visit ini bukanlah kegiatan wisata jalan-jalan, tetapi merupakan kegiatan belajar di luar kelas,” jelas Sadariah yang didampingi Azhari Isra Rangkuti, Ketua Panitia Program Goes To Dumai (Industry Visit) 2023.

Setelah melaksanakan program Peduli Sekolah selama 3 tahun dengan pilot project di salah satu SMP Negeri di Kota Medan, CHARITY 1416 akan menjajaki untuk bekerja sama dengan beberapa SMP/MTs dalam upaya peningkatan proses pembelajaran. “CHARITY 1416 hanya akan berkolaborasi dengan sekolah yang memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran,” pungkas Sadariah yang memiliki pengalaman panjang di pemerintahan, khususnya di bidang pendidikan. (fys)

Hot News

TRENDING NEWS

error: Content is protected !!